-->

3 Cara Membersihkan Cache di Leptop Windows 7, 8 dan 10

Artikel ini akan membahas tuntas Cara Membersihkan Cache di Leptop.  Kadang-kadang PC atau leptop menjadi loading lambat dipengaruhi oleh cache yang menumpuk di disk karena cache membebani kinerja windows.

Apa itu cache? Cache adalah file sampah atau file sementara yang tersimpan dalam hardisk PC atau leptop. Setiap kali kita menjalan aplikasi/program di leptop, file ini akan tersimpan dalam memori PC atau leptop.

Memang sebetulnya cache pada leptop berfungsi untuk mempercepat mengakses kembali aplikasi yang pernah kita jalankan. Namun di sisi lain penumpukan cache yang banyak dalam hardisk membuat kinerja windows menjadi lemot alias loading.

Dari pada kinerja windows lambat alangkah baiknya kita menghaspus/membersihkan semua cache di leptop segar leptop menjadi lebih fresh. Oleh karena artikle ini membantu dan membantu sobat untuk memahami cara membersihkan cache di leptop.

Artikel ini bukan hanya membahas cara menghapus cache di leptop windows 10 saja, tetapi dapat diikuti oleh pengguna leptop windows 7, dan windows 8.


Cara menghapus Cache Pada Leptop Tanpa Software dan Menggunakan Software


Untuk membersihkan cache di leptop baik untuk windows 10, windows 8 maupun windows 7, anda menggunakan aplikasi mapun tanpa menggunakan aplikasi atau pihak ketiga.


Cara menghapus Cache Pada Leptop Windows 10 Tanpa Software

Seperti yang saya sudah jelaskan diatas, Selain windows 10, panduan ini dapat diikuti oleh pengguna windows 7 dan 8. Dan cara pertama yang saya bahas adalah cara membersihkan cache di leptop tanpa menggunakan aplikasi.


Hapus Cache Melalui SoftwareDistribution

  • Buka Type here to search di menu star
  • Buka Folder C:\Windows\SoftwareDistribution\Download.
  • Klik folder C:\Windows\SoftwareDistribution\Download lalu anda akan menjumpai file sampaha.
  • Hapus File sampah dan jangan lupan di hapus juga di folder Recycle Bin

Cara Hapus Cache Leptop Menggunakan Tool Disk Cleanup

Selain anda menggunakan cara membersihkan cache leptop menggunakan  anda dapat menghapus cache leptop windows 7, 8 dan 10 menggunakan Tool Disk Cleanup.

Berikut cara menghapus cache di leptop menggunakan Tool Disk Cleanup :
  • Buka Explorer - This PC - Pilih Windows C 
  • Klik kanan pada Windows C - Pilih Porperties
cara membersihkan cache di leptop

  • Akan terbuka jendela properties. Kemudian klik Disk Cleanup - akan terbuka jendela Disk Cleanup lalu centang semua File to delete lalu pilih OK.
cara membersihkan cache di leptop


  • Kemudian akan muncul jendela konfirmasi " Are you sure you want to permanently delete these files " Klik Delete Files.
cara menghapus cache di leptop
  • akan muncul lagi jendela baru : Cleaning up drive Windows (C). Tunggu sampai selesai hapus. Kemungkin akan membutuhkan waktu beberapa menit untuk proses pembersihan cache windows.
  • Jika sudah selesai hapus cache drive windows maka sikalan tekan tombol OK pada jendela properties untuk menutup pembersihan cache di leptop.

Cara Membersihkan Cache Pada Leptop Menggunakan Software

Jika anda ingin hapus cache menggunakan software atau pihak ketiga maka disarankan untuk menggunakan CCleaner karena software ini cukup baik digunnakan.

Kalau anda belum memiliki aplikasi CCleaner silakan download pada situs resminya klik di CCleaner. Software ini bisa digunakan dengan gratis. Bila mau menggunakan versi gratis pilih Donwload Free Version. Setelah download instal aplikasi tersebut

Ok kita langsung saja cara membersihkan cache di leptop menggunakan CCleaner :

  • Jalankan CCleaner
  • Setelah aplikasinya sudah terbuka, pilih menu Custom clean
  • Pada Custom clean akan terdapat dua panel yaitu Windows dan Applications. Kedua panel ini bisa kita bersihkan.
  • Pertama bersihkan file sampah di panel Windows kemudian centang beberapa item yang ingin dihapus.
  • Klik Analyse tunggu sebentar akan sementara akan menganalisi file-file sampah yang akan dihapus. Klik Run Cleaner
cara menghapus cache di leptop menggunakan ccleaner
  • Proses penghapus cache akan sementara berlangsung.
  • Jika sudah selesai akan muncul halaman Cleaning Complete pertanda bahwa pembersihan telah selesai.
Setelah selesai menghapus cache di panel windows maka langkah selanjutkan menghapus cache pada panel applications. Langkah-langkah untuk menghapus cache leptop di panel application sama denga langkah-langkah menghapus cache di panel windows.

Demikian saja artikel ini tentang Cara Membersihkan Cache di Leptop Windows 7, 8 dan 10. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu pengguna PC atau leptop. 


terima kasih atas kunjungan di Blog Mahir Leptop

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter