-->

Cara Prіnt Bоlаk Balik Dokumen Word

Setiap orang pasti ingin lebih hemat pengeluaran, begitu pula dalam melakukan print dokumen dan tentu sobat juga menginginkan agar pengeluaran lebih dikurangi. 

Penghematan dalam melakukan print dokumen terkait penghematan tinta dan kertas. Tetapi yang dibahas saat ini adalah penghematan kertas pada saat kita print file.

Salah satu cara agar kita lebih hemat dalam penggunaan kertas adalah dengan melakukan printa bolak-balik. 

Kebanyakan yang biasa diprint bolak balik adalah file teks berupa dokumen word, PDF dan exel yang memiliki puluhan bahkan ratusan halaman. File yang diprint dengan jumlah halaman yang banyak akan menjadi sebuah buku ketika dijilid.

Selain bertujuan untuk penghematan penggunaan kertas printa bolak-balik juga akan membuat halaman print lebih rapi. 

Lantas bagaimana cara print bolak balik dokumen/file di word?

Karena banyak yang belum tahu cara ngeprint bolak balik maka dari itu saya akan memberikan tips atau cara-cara print bolak balik dokumen word dengan langkah-langkah yang sangat mudah dipahami.

Yuch ikuti caranya !!


Cara Ngeprint Bolak Balik Di word

Untuk print bolak balik di word dapat menggunakan 3 cara. Anda bisa terapkan atau gunakan salah satu cara dari ketiga cara printa balik balik di word. Ketiga cara yaitu dengan cara manual, even page dan otomatis.


1. Cara Print Bolak Balik Dengan Cara Otomatis


Print halaman file bolak balik dengan cara otomatis apabila mesin printer bukan tipe printer duplek printing. Print dengan cara manual ini biasanya digunakan untuk printer yang sederhana yang paling banyak digunakan oleh masyarakat.

Tipe printer yang mendukung atau support dengan duplex printing yaitu canon MP 237 dan canon diatas tipe 237

Caranya gampang saja.
  • Buka dialog print dengan cara tekan Ctrl + P
  • Akan keluar dialog pinter. Buka Setting
  • Pada Print One Sided akan mendapati 2 jenis Print on Both Sides (Flip pages on long edge) dan Print on Both Sides ( Flip pages on short edge)
  • Pilih Print on Both Sides (Flip pages on long edge) kalau mau mencetak mulai dari belakang. Dan jika mau mencetak dari halaman pertama sisi pertama setiap halaman pilih Print on Both Sides ( Flip pages on short edge)
cara print bolak-balik

  • Selanjutnya klik tombol Print
  • Jika sudah mencetak seluruh semua halaman setiap sisi pertama maka akan keluar dialog dari printer untuk mencetak sisi kedua untuk semua halaman.


  • Angkat dan balik kertas hasil cetakan sisi pertama untuk mencetak sisi kedua setiap halaman

Maka printer akan melakukan print bolak balik dengan otomatis. Cara ini dapat digunakan untuk printet yang mendukung duplex printing


2. Cara Print Balok Balik Dengan Cara Manual


Selain print bolak balik dengan cara yang otomastis, sobat bisa juga melakukan print bolak balik semua halaman dengan menggunakan cara manual. Cara ini dapat digunakan apabila jenis printer yang kamu pakai tidak didukung oleh duplex.

Cara print dengan metode ini seharusnya kamu jangan meninggalkan mesin printer pada saat printer sedang melakukan printer.

Cara kerja dengan cara ini karena printer akan melakukan pencetakan setiap halaman dan setiap sisi pertama, Dan setelah itu kamu akan membalikan semua hasil print sisi pertama untuk mencetak setiap halaman untuk setiap sisi kedua.

Caranya gampang

  • Tekan Ctrl + P
  • Pada setting pilih Manually Print on Both Side

  • Cara ini akan mencetak mulai dari halaman belakang
  • Klik Print
Mudahkan ? 

Demikian cara mencetak/print bolak balik dokumen word.

Selamat Mencoba !!

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter