-->

Cara Membuat File PDF Dari Word

Dengan kemajuan teknologi yang kian pesat memungkinkan setiap pengguna dapat mengirim file ke pengguna tujuan tanpa harus ribet. Ada banyak ragam format file yang dapat diekstensi lalu kemudian di kirim melalu suret (surat elektronik), whatsapp, facebook dan lain-lain. Salah satu format file yang tak kalah penting dan pada umumnya digunakan oleh pengguna adalah format PDF ( Portbale Document Format). Biasanya format PDFbanyak diminta dalam berbagai kepentingan sehingga sebelum mengirimkan file tersebut diubah dulu formatnya menjadi format PDF. Untuk kesempatan ini saya akan membagikan cara membuat file PDF dari Word yang mudah untuk pemula.   

Pengertian File PDF 

Untuk memahami apa itu PDF maka sebaiknya perlu memahami pengertian PDF. Dalam wikipedia PDF (Pоrtаblе Document Fоrmаt) аdаlаh sebuah fоrmаt bеrkаѕ yang dibuat оlеh Adоbе Sуѕtеmѕ раdа tаhun 1993 untuk kереrluаn реrtukаrаn dоkumеn dіgіtаl. Format PDF digunakan untuk merepresentasikan dokumen dua dіmеnѕі уаng mеlірutі tеkѕ, huruf, сіtrа dan grаfіk vеktоr dua dimensi. Format PDF banyak digunakan dalam berbagai keperluan saat ini misalnya e-book, catalog, modul, surat edaran dan lain-lain.

Cara Membuat File PDF Dari Word Secara Offline


Pada postingan ini saya akan membimbing anda cara membuat file PDF ke word dengan terlebih khususnya bagi rekan-rekan yang belum memahami cara membuat file PDF. Sebelum anda membuat file PDF hal pertama yang diperhatikan adalah ketapatan redaksi kata, paragraf, karena jika sudah terlanjur mengubah file word menjadi file PDF maka tidak bisa diedit atau diperbaiki lagi kecuali di format ulang.

Cara Membuat File PDF Dari Word
  • Buatlah teks dalam Word
  • Pastikan teks di Word dikoreksi ulang sebelum diubah menjadi PDF
  • Jika suda benar klik "File" lalu pilih " Save AS"
  • Silakan cari lokasi penyimpanan file yang akan disimpan menjadi PDF
  • Berikan nama file lalu pada " Save as Type " pilih PDF
    cara membuat file pdf dari word
    cara membuat file pdf ke word

  • Setelah berhasil menyimpan dalam format PDF maka dengan cara otomatis akan membuka file PDF yang sudah tersimpan. 
Catatan :

Untuk membuat file PDF dari word anda harus menggunakan Microsoft Word 2010, 2013, Sedangkan pengguna Word 2007 tidak support dengan format PDF sehingga ketika menyimpan file word ke tipe PDF maka aplikasi PDF nya tidak akan muncul.

Cara Membuat File PDF Dari Word Dengan Cara Online

Nah selain, selain kamu menggunakan cara offline kamu dapat juga mengubah file Word ke format PDF dengan cara online, Jika kamu menggunakan metode online maka kamu tentu membutuhkan paket data internet yang cukup karena kamu harus terhubung ke internet untuk mengubah file word menjadi file PDF.

Ada banyak aplikasi online yang kamu pakai untuk mengubah file word menjadi PDF salah satu aplikasi yang bagus adalah https://smallpdf.com/

Cara mengubah file Word menjadi file PDF menggunakan metode online :
  • Silakan kunjungi situs https://smallpdf.com/
  • Pilih Word To PDF
  • Klik " Choose Files "
  • Cari lokasi penyimpanan file di komputer kamu.
  • Menunggu hingga selesai oploading file word
  • Lalu kemudian Pilih "Word o PDF" lalu pilih " Choose Option"
  • Menunggu sampai selesai converting
  • Apabila sudah selesai converting silakan download file yang disertai namanya
Catatan:

Apabila kamu menggunakan aplikasi online untuk converting file word menjadi PDF tentu kamu diberikan masa free dengan tenggak waktu yang ditentukan, selanjutnya akan kenakan biaya converting.

Demikian saja cara membuat file PDF dari Word dengan midah. Sampai jumpa dan semoga bermanfaat


Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter