-->

Begini Cara Reset Printer Canon MP237 Dilengkapi Gambar

Post a Comment
Pada kesempatan ini admin Mahir Leptop akan membagikan Cara Reset Printer Canon MP237, yang mana printer merk canon selalu mengalami eror sering yang tampil di layar monitor komputer ink absorter full. Tanda peringatan eror jenis ini seolah-olah tabung penyerap tinta sudah penuh sehingga kita terdorong untuk membongkar dan memeriksa tabung penyerap tinta di dalam printer.Sebenarnya bukan penyerap tinta yang telah penus tetapi

Sebenarnya secara fisik indikasi ink absorter full bukan penyerap tinta yang sudah penuh tetapi disebabkan oleh sistem counter pada рrіntеr tеlаh mеnсараі nіlаі tеrtеntu, ѕіѕtеm соuntеr ini sebenarnya mеnghіtung jumlаh рrіnt out dаrі рrіntеr, kеtіkа tеlаh mеnсараі batas tertentu maka printer canon MP237 akan menampilkan "Ink Absorter Full" ketika hendak melakukan perintah print. Indikasi kerusakan atau eror pada printer canon adalah dengan code eror number 5b00. 

Jenis kerusakan ini sebenarnya tidak perlu kita membawa printer di tukang servis atau layanan servis karena ini hanya masalah device printer yang tidak terdeteksi ketika kabel USB disambungkan di leptop ketika hendak print. Oleh karena itu hanya dilakukan dengan perbaikan yang sangat mudah.

Untuk mereset printer Canon MP237 ada dua metode praktis yaitu reset dengan cara manual dan menggunakan aplikasi resetter service tool v3400. Jika reset printer dengan cara manual tidak berhasil alias printer belum normal maka harus memakai resetter service tool v3400.

Cara Reset Printer Canon MP237 dengan cara manual (service mode) dengan langkah-langkah sebagai berikut :

  • Pastikan printer dalam keadaan mati, Jika printer masih dalam keadaan menyala/hidup, maka matikan printer dengan tekan tombol POWER (printer dimatikan lebih dulu).
  • Jika Printer dalam keadaan mati, Tekan tahan tombol STOP/RESET. Sementara tombol STOP/RESET masih ditekan, silakan tekan tombol POWER maka lampu power akan menyala.
  • Lераѕ tombol STOP/RESET tарі jangan lераѕ tоmbоl POWER (tombol POWER masih dalam tertekan).
  • Tekan lepas tombol STOP/RESET sebanyak 6 kali tetapi tombol POWER masih ditekan. Jangan sampai keliru menekan 5 kali saja karena printer akan mati. 
  • Kеmudіаn lepaskan kedua tоmbоl (tombol STOP/RESET dan POWER)  tersebut secara bеrѕаmааn, maka printer akan bergerak refresh dan leptop/komputer akan mendeteksi device baru.
  • Jika sudah terlihat normal jangan langsung melakukan print dulu, matikan Printer dan hidup kembali barulah ngeprint dokument
Apabila cara diatas masih belum berhasil maka dapat reset dengan menggunakan resetter. Aplikasi resetter printer Canon MP237 adalah Service Tool v3400. Untuk mendapatkan Service Tool v3400 silakan download Service Tool v3400.

Cara Reset Printer Canon MP237 Menggunakan Resetter Service Tool v3400
  1. Jikan sudah download aplikasi resetter service tool v3400, silakan bukan jalankan aplikasi resetter tersebut
  2. Jalankan resetter service tool v3400
  3. Pada menu Clear Ink Counter (Absorber) Pilih MAIN, kemudian klik SET
  4. Pada menu Ink Absorber Counter (Absorber) pilih MAIN, kemudian Klik SET
  5. Berikut klik EEPROM. Seperti gambar dibawah ini
Cara Reset Printer Canon MP237 menggunakan service tool v3400


  1. Maka printer akan mencetak halaman hasil reset.
  2. Matikan dan hidupkan ulang printer
  3. Printer akan normal kembali
Demikian Cara Reset Printer Canon MP237 baik dengan cara manual maupun reset menggunakan resetter service tool v3400, Semoga Totorial ini dapat membantu sobat yang printer canonnya bermasalah yang ditandai dengan lampu alarm berkedip

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter